Assalamu'alaikum!

Blog Sunnah

"Memurnikan Aqidah, Menebarkan Sunnah".

Looking for something?

Subscribe to this blog!

Receive the latest posts by email. Just enter your email below if you want to subscribe!

Tuesday, March 7, 2017

Apa Dakwah Salafiyah Itu ?


Dakwah Salafiyah bukanlah suatu kelompok / gerakan / partai / golongan yang serupa dengan Ikhwanul Muslimin, Hizbut Tahrir atau Jama'ah Tabligh atau NII yang didirikan beberapa tahun yang lalu oleh pemimpin-pemimpin besarnya seperti Hasan Al-Banna, Taqiyuddin An-Nabhani, Muhammad Ilyas dan Kartosuwiryo. Dan Dakwah Salafiyah berlepas diri dari kelompok-kelompok sesat tersebut.

Dakwah Salafiyah adalah cara / metode memahami agama Islam sesuai dengan pemahaman salafush shalih (pendahulu kita yang shalih) yaitu sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, tabi'in dan tabi'ut tabi'in. Dakwah Salafiyah adalah penisbatan diri kepada manhaj / metode salaf yang haq dan bukan aliran baru dalam Islam.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullahu berkata: Tidak tercela orang yang menampakkan madzhab salaf dan menisbatkan diri kepadanya. Bahkan wajib untuk menerima hal tersebut menurut kesepakatan, karena tidaklah madzhab salaf itu kecuali benar." [Majmu' Fatawa 4/149]

Dakwah Salafiyah adalah penerus dakwah Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam dan para sahabat radhiyallahu ‘anhum. Dakwah Salafiyah adalah pemegang tongkat estafet dakwah generasi pertama umat Islam yang merupakan sebaik-baik generasi umat ini. Dakwah Salafiyah selalu berusaha mewujudkan sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam hadits Firqotun Najiyah (Golongan yang selamat) : "...Yang mengikuti aku dan para sahabatku..." [HR Tirmidzi dengan sanad yang hasan].

Dakwah Salafiyah merupakan perwujudan dari ucapan ulama salaf, diantaranya Imam Al-'Auzai rahimahullahu yang berkata: "Bersabarlah di atas sunnah, berhentilah ke mana (para salaf) berhenti, katakan dengan apa yang mereka katakan dan cegahlah dari apa yang mereka cegah. Telusurilah jejak salafush shalih karena akan mencukupimu apa yang mencukupi mereka". Imam Ahmad rahimahullahu juga berkata dalam awal kitab beliau yang berjudul Ushul As-Sunnah: Prinsip sunnah (aqidah) kita adalah berpegang teguh dengan metode para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan mengikuti jejak mereka.

Dakwah Salafiyah adalah pengikut setia para salaf yang telah dijelaskan oleh Allah dalam firman-Nya:

 وَالسَّابِقُونَ الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

"Orang-orang yang terdahulu, lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah. Dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar." [QS. At-Taubah 100]

Dakwah Salafiyah adalah manhaj/jalan yang benar, karena dia berlandaskan kepada Al-Qur'an dan As-Sunnah sesuai pemahaman para salafush shalih. Inilah yang harus kita katakan seperti yang telah dikatakan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah di atas.

Adapun pribadi orang yang menisbatkan kepada manhaj ini, maka kita katakan:

 كل بني آدم خطاء و خير الخطائين التوابون

"Setiap manusia itu pernah bersalah dan sebaik-baik orang yang bersalah adalah yang bertaubat." [HSR Ibnu Majah].

Dan kita katakan seperti yang dikatakan oleh Imam Malik rahimahullahu: Tidak ada seorangpun setelah Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melainkan bisa diambil ucapannya atau ditolak.

 -------------------------------
[1] Asy-Syari'ah oleh Al-Ajury hal 58.

[2] Lihat kitab Ashlu sifat shalah An-Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam hal. 27 oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani.

Penulis : Ustadz. Abdurrahman Thoyyib, Lc.

No comments:

Post a Comment